Jumat, 16 Desember 2016

LOMBA TATA LINGKUNGAN RT RW HARUS MAMPU MEMBERIKAN KONTRIBUSI POSITIF BAGI WARGA

Lomba RT RW semata-mata bukan untuk mengejar juara, melainkan evaluasi demi mewujudkan wilayah yang hijau, asri, sehat dan muaranya kemandirian desa sesuai dengan indikator pembangunan. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, antara lain :
1. Aspek pendidikan,
2. Kesehatan,
3. Ekonomi masyarakat,
4. Keamanan dan ketertiban,
5. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan pemerintahan,
6. Kelembagaan kemasyarakatan.

Lomba Tata Lingkungan RT RW Tingkat Kabupaten Kudus, sudah diseleksi dari beberapa waktu lalu. Dan puncaknya bulan ini ibaratnya final, karena akan terkumpul 9 RT RW yang akan mewakili masing-masing kecamatan ke tingkat kabupaten. Juga merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pemangku wilayah RT dan RW. Sinergi antara RT, RW bersama perangkat desa dengan masyarakat harus selalu dijaga dan ditingkatkan, agar semua program pembangunan yang telah disepakati dan direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Melalui forum pertemuan tingkat RT, RW dan rembug desa, masyarakat dibiasakan untuk sambung rasa, saling bertukar informasi dan menyerap aspirasi warga agar anggota masyarakatnya secara bijak menyikapi setiap perubahan.

Kalau kebiasaan ini bisa rutin dilaksanakan, jalannya roda organisasi di tingkat RT RW serta pemerintahan di Desa akan dapat berjalan lancar. Dan setiap pembangunan akan berjalan dengan baik karena saling bekerjasama, demikian rangkuman pidato Kepala Dinas Cipkataru Ibu Hj.Sumiyatun,S.H pada kunjungannya di RT 6 RW IV Perumahan Kudus Permai sebagai salah satu peserta lomba Tata Lingkungan dan Kebersihan tingkat Kabupaten Kudus 2016.

Di wilayah RT 6 RW IV Perumahan Kudus Permai Desa Garung Lor, berkesempatan menunjukkan semua potensi yang ada.Tentu hasilnya bagi kepentingan seluruh masyarakat desa. Potensi yang dimiliki RW IV tsb antara lain, ORI_handmade(produk dari kain perca)di RT 7, Rintisan Bank Sampah di RT 7, Tanaman Hidroponik dan Toga di RT 3 dan RT 6, Souvenir Digital di RT 3 dan Budidaya Bonsai dan Tanaman Hias di RT 1. Penilaian yang berlangsung Kamis 15 Desember, dihadiri Kepala Dinas Cipkataru Kabupaten Kudus Ibu Sumiyatun dan Ketua Tim Penilai Bapak H. Suparmin, Kabag Kebersihan dan Pertamanan Cipkataru Kabupaten Kudus.

Ibu Hj. Sumiyatun, S.H yang hadir didampingi, tim penilai, sebagian kepala SKPD dan pejabat, menyaksikan secara langsung kondisi RT 6 dan RW IV Perumahan Kudus Permai secara keseluruhan. Dan kehadiran beliau disambut dengan antusias oleh Camat Kaliwungu Bapak Budi Utomo, S.H, Sekcam Kaliwungu Bapak Muhamad Fitrianto, Kepala Desa Garung Lor Ibu Siti Rofiah, Ketua RW IV Bapak H. Hariyono dan Ketua RY 6 Bapak Bambang Sulistyo. Dan juga seluruh pengurus RT dan RW beserta warga Perumahan Kudus Permai. Ada hal yang menarik perhatian Ibu Hj.Sumiyatun, S.H, dalam penilaian disajikan pula hasil produk yang ditampilkan yaitu ORI_handmade, Bonsai dan Souvenir.  ”Ini yang harus terus dikembangkan ,” kata Ibu  Hj.Sumiyatun,S.H  yang terkesima dengan olah tangan terampil dan kreatif warga RW IV Perumahan Kudus Permai.

Lebih lanjut beliau meminta kepada kepala desa agar potensi semacam ini yang harus mendapatkan perhatian. Sehingga bisa dikenal lebih luas yang manfaatnya (tentunya) kembali kepada masyarakat.

“Lomba RT RW ini harus bisa memberikan manfaat nyata untuk masyarakat. RW IV Perumahan Kudus Permai yang rata-rata warganya sibuk karena pekerjaan, tapi rasa gotong royong dan guyup menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Ibu Hj.Sumiyatun,S.H menambahkan, bahwa acara ini jangan hanya jadi ajang seremonial belaka. Termasuk para tim penilai diminta untuk objektif. Sehingga akan diperoleh data yang valid. Nantinya kekurangan yang ada akan dijadikan bahan evaluasi dan yang sudah tertata baik akan menjadi lebih baik lagi.

Termasuk sanitasi dan fasilitas kesehatan serta layanan pendidikan terus mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Kudus . Dirinya meminta seluruh masyarakat menjaga lingkungan dengan baik  demi kesehatan.

”Dalam bidang pendidikan juga kembali mengingatkan. Jangan sampai ada anak putus sekolah hanya karena tidak mampu secara ekonomi,”.

Dan kesan dari Ketua Tim Penilai Bapak H. Suparmin sekaligus Kabag Kebersihan dan Pertamanan Cipkataru Kabupaten Kudus mengatakan bahwa RW IV secara umum punya potensi, dan warganya mantap. Semua potensi yang ada merupakan nilai tambah agar nanti menjadi titil point. Hal ini beliau sampaikan setelah berkeliling dan terjun langsung ke lingkungan. Melihat potensi yang ada di Kudus Permai. Beliau bersama Ibu Hj. Sumiyatun, S.H siap support demi kebaikan dan kemajuan bersama.

Demikian sekilas pidato Ibu Hj.Sumiyatun, S.H dan kesan dari Tim Penilai Lomba Tata Lingkungan dan Kebersihan

Sumber : Pidato Kepala Dinas Cipkataru Kudus Ibu Sumiyatun,S.H( dengan editing secukupnya tanpa mengurangi nilai dan isi pidato )
Pembukaan Penilaian Lomba, Tanggal 15 Desember 2016 di Perumahan Kudus Permai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar