Rabu, 07 Desember 2016

LEBUR TANPA LARUT(Keindahan Dalam Perbedaan dan Keragaman)

Bayangkan begini, sekelompok orang berbeda keyakinan, berlainan latar belakang, budaya dan sukunya, bertemu lalu tinggal bersama-sama di tempat yang sama.

Apa kira-kira yang terjadi ?

Ada dua kemungkinan :

Pertama, akan tercipta suatu hubungan yang harmonis, saling membangun dan melengkapi, saling menerima dan menghargai perbedaan.

Atau…..

Kedua, sebaliknya justru akan terjadi ketegangan, tidak bisa menerima perbedaan, lantas saling menuntut untuk menjadi sama, masing-masing menganggap yang lain sama sekali jelek dan tidak ada kebaikannya.

Keberagaman, di manapun kita pasti menemuinya. Di kampung, di pekerjaan bahkan dalam keluarga sekalipun. Kondisi ini sebenarnya bisa menjadi kekayaan yang mempesona, ibarat lukisan berbagai warna, masing-masing warna memiliki keindahan sendiri, ibarat taman yang ditanami berbagai macam bunga, setiap bunga memiliki tempat dan kekhasannya sendiri.

Kemajemukan juga bisa potensial menjadi masalah bahkan malapetaka kalau perbedaan tidak diberi tempat dan keseragaman dijadikan tujuan. Segala cara ditempuh untuk menjadi sama, kalau tidak sama adalah musuh, perlu dihabisi dan disingkirkan, berbeda  ide adalah lawan. Maka terjadilah hukum rimba, yang kuat memperbudak yang lemah, homo homini lupus, manusia menjadi serigala atas sesamanya..

Sahabat,..

Sadarilah hidup yang dikotak-kotak, kehidupan yang penuh sekat adalah kehidupan yang sempit bahkan menakutkan. Keberanian untuk menyikapi pluralitas kehidupan, menghancurkan tembok-tembok adalah panggilan hidup, tanpa harus menjual keperbedaan itu sendiri...

Menara Gading itu indah hanya untuk ditonton, bukan untuk dirasakan, inilah seharusnya prinsip hidup ditengah masyarakat yang majemuk..
Lebur tanpa larut, kita ada dalam lingkungan tanpa meninggalkan kekhasan dan jati diri kita..

Selamat bekerja...

(Berbeda tapi tetap Satu, Satu dalam Kebangsaan INDONESIA)


Sumber Resensi Tulisan dari Bapak Daniel Isanto (Warga RT 01 RW IV Perumahan Kudus Permai)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar