Senin, 03 Oktober 2016

ORI_handmade GELIAT DARI HOBY YANG MENGHASILKAN INSPIRASI BAGI UMKM DI KABUPATEN KUDUS

Hobi yang mendatangkan rupiah’ menjadi kalimat yang tepat untuk menggambarkan usaha yang dikembangkan oleh ORI_handmade. Diawali dari kegiatan rumah tangga dan lingkungan PKK RT 07 RW IV Perumahan Kudus Permai dan saat ini sudah mulai dikenal. Sejak awal berdirinya mulai dari informasi sekitar, mengembangkan melalui sosial media(FB, BBM, Massenger, Instagram dan Whaatsaap) sampai sekarang semakin maju. Dari kegiatan  tersebut sudah mulai dikembangkan secara luas dan selalu mengupdate dan modifikasi model, yaitu mengkreasi kerajinan tangan(handmade) menjadi sebuah bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan. Dengan mengusung ORI_handmade sebagai nama usahanya, saat ini  mampu mengkreasi ratusan jenis produk handmade di showroomnya yaitu di Jl. Permai 19 Blok B No. 16 Rt 07 RW IV Perumahan Kudus Permai. Kerajinan yang dihasilkan berbahan baku kain perca, yang di dapatkan dari ibu-ibu rumah tangga dilingkungan sekitar perumahan.

Dan baru-baru ini ORI_handmade mengikuti Pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Dinas PErindagkop Kabupaten Kudus. Yang telah diselenggarakan dari tgl 22 - 25 Agustus 2016, di seputaran Simpang 7 Kudus. Penyelenggaraan tsb bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kudus ke - 467 tahun. Dari pameran tsb ORI_handmade mulai memperkenalkan produk perca kreasinya mulai dari sarung bantal, bando, dompet, boneka kucing, tas, bros jilbab, sarung bantal, pengikat korden dan masih banyak lagi.

Dalam mengikuti pameran tsb merupakan salah satu Strategi Pemasaran ORI_handmade Proses pemasaran menjadi salah satu kunci sukses atau tidaknya sebuah usaha/ bisnis. Hal itu disadari betul oleh ORI_handmade yang saat ini lebih condong menggunakan media online sebagai ujung tombak pemasarannya. “Hampir setahun belakangan ini, ORI_handmade mengandalkan media online (facebook, jejaring sosial) dan pertemanan untuk memperkenalkan produk, melakukan transaksi, serta menjalin relasi dengan para konsumen. Cakupan area pemasaran yang tidak terbatas menjadi salah satu faktor dirinya lebih memilih menggunakan media online untuk memasarkan produknya.
Meskipun lebih mengandalkan media online, namun sesekali ORI_handmade selalu berupaya untuk evaluasi diri agar selalu menjadi trend dan tidak ketinggalan penggemar. Dengan ikut serta dalam pameran sebenarnya kami gunakan sebagai media untuk memperluas jaringan, selain itu juga supaya lebih dikenal oleh orang, karena pengalaman selama ini,  ‘eksis’ di online, dan tetangga-tetangga sekitar .Selain pameran, bazaar-bazaar yang diselenggarakan komunitas dan daerah
Saat ini, produk kreasi ORI_handmade masih tersebar disekitar Karesidenan Pati(Kudus,Pati,Jepara), seandainya keluar daerah itu sebatas dari pertemanan dan informasi dari saudara. Dan setiap proses  tidak pernah membatasi minimal order untuk konsumen. Satu pesanan akan dilayani, namun yang harus disadari bahwa produk yang dibuat ORI_handmade  membutuhkan waktu untuk mengerjakannya, sehingga harus bersabar. Dalam waktu pengerjaan untuk masing-masing produk berbeda-beda, karena memiliki tingkat kesulitan yang tidak sama.
Untuk harga produk yang dipatok cukup bervariasi, tergantung jenis dan tingkat kesulitan produksinya. Untuk harga bisa langsung ke alamat showroom atau menghubungi no telpon : 0811277149.

Dan pada saat penyelenggaraan kegiatan pameran UMKM sungguh kehormatan sekali bagi ORI_handmade, karena di gemari dari remaja hingga dewasa. ORI_handmade juga dikunjungi oleh Staf Desa Garung Lor yaitu Ibu Kepala Desa Siti Rofiah dan Staff. Serta kunjungan dari Bapak Andreas ( Camat Kecamatan Jati ). Dan Sempat dikunjungi oleh pihak Suara Merdeka dan Radio Suara Kudus. Untuk hari penutupan terdapat kunjungan dari Anak-anak  TK Aisyiah 1 Kudus. Dan banyak produk yang mulai dikenal dan digemari. 

Sumber : Ibu Enik Sukendri dan Ibu Imam Sutrisno





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar