Selasa, 18 Oktober 2016

NORMA HIDUP BERMASYARAKAT

Norma sangat dibutuhkan kehadirannya dalam kehidupan masyarakat sebagai bagian untuk mewujudkan kehidupan yang sesuai dengant harkat dan martabat manusia. Adapun  tujuan berlakunya norma dalam kehidupan  bermasyarakat sebagai berikut :

Menjamin keteraturan

Mewujudkan  tatanan kehidupan  yang aman, tertib , rukun dan damaiMenciptakan ketertiban, ketenteraman, keamanan, kedamaian, dan kesejahteraan

Fungsi norma dalam kehidupan bermasyarakat

Tujuan dan fungsi serta arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat diantaranya :

Norma  berfungsi untu memberikan ciri khas kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki akal dan peradaban, kehadiran norma – norma  dalam kehidupan manusia menjadi tanda bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki  kemampuan berpikir dan bertindak untuk mengatur diri dan sesamanya agar kehidupannya aman, tertib, dan terkendali.

Norma berfungsi mengatur hubungan  manusia dengan Tuhan. Terutama lewat norma agama. Manusia  disadarkan tentang adanya sang pencipta dan kaharusan untuk mengabdi kepada – Nya. Keberadaan norma agama menjadikan manusia tahu bagaimana cara menjalankan ibadah dalam rangka menjalin hubungan dengan Tuhan.

Norma berfungsi  mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia.
Tujuannya , agar manusia saling mengenal, menghargai,  menghormati , dan melayani. Hal ini merupakan keharusan dalam upaya mewujudkan aspek –aspek positif  kehidupan (kerukunan, kedamaian, keamanan, ketenteraman, keserasian, kesejahteraan, dan kemakmuran)dalam lingkungan masyarakat. Dan mengatur hubungan antar manusia agar tidak berbuat semaunya sendiri.

Norma berfungsi mangatur hubungan manusia dengan alam ataupun lingkungan.
Dalam berbagai norma dan aturan hidup lain banyak disebutkan tentang larangan kepada manusia untuk berbuat kerusakan dimuka bumi. Ini artinya, manusia diharuskan untuk menjaga kelestarian  alam seisinya. Alam memiliki unsur – unsur seperti air-tanah-udara-satwa dan tumbuhan yang harus dijaga  oleh manusia. Kerusakan pada salah satu unsur saja akan menjadikan kehidupan alam terganggu dan dampknya juga akan turut menimpa manusia.

Norma berfungsi mangatur tingkah laku manusia agar terjaga dalam kebaikan bagaimana pun juga manusia kadang memiliki sisi-sisi  buruk dalam bertingkah laku. Pada dasarnya, manusia memiliki sisi baik dan sisi buruk dalam perangainya, nah. Kehadiran norma akan menjadi pemerkuat sisi baik dalam perilaku manusia sekaligus pelemah sisi buruknya.

Norma berfungsi mendorong  terwujudnya nilai-nilai  yang dibutuhkan manusia untuk kehidupan lebih baik di dunia maupun di akhriat, dengan perannya sebagai penguat hubungan manusia dengan sesama manusia, dengan alam, dengan Tuhan,  norma dapat mengantarkan manusia  kepada nilai – nilai keutamaan, seperti ketenangan, kedamaian , kesejahteraan, keharmonisan, ketaatan, kesalehan, dan ketakwaan, nilai – nilai ini sangat berguna  untuk bekal manusia selama hidup di dunia serta setalah mati dan hidup di akhirat.
 

Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat– adapun pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat  sebagai berikut :

Membatasi, mengatur  tingkah laku agar tidak sewenang – wenang Menciptakan kehidupan yang aman , tertib serasi selaras dan seimbang Membentuk budi pekerti manusia yang baik , patuh , sadar hukum, sadar hidup bermasyarakat dan memiliki akhlak mulai.

Tujuan dan fungsi serta arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat.

Individu yang hidupnya berpedoman pada  norma –norma  akan merasakan kedamaian dan ketentraman. Sebaliknya individu yang suka melanggar norma, melanggar aturan yang dibuat hidupnya  akan gelisah  dan tidak tentram, dijauhi dari komunitas dan dijauhi dari masyarakat sekitar.

Pada intinya tujuan dan fungsi norma itu baik dan memiliki kaitan antara suatu perintah atau suatu larangan. Ketika seseorang menjalankan norma maka ia akan memperoleh dari manfaatnya sedangkan bagi yang tidak pernah mengikuti norma – norma yang berlaku tentu saja hidupnya akan gelisah dan terasa tidak tentram.
Sebagai masyarakat sosial dan bertetangga, norma dikedepankan untuk sebuah harmoni. Bukan untuk melawan kemapanan, tetapi mengedepankan rasa saling menghormati.
Norma merupakan aturan yg disepakati sejalan dengan hukum yang berlaku di sebuah wilayah. Jika seseorang melanggar norma, berarti dia sudah melanggar sebuah kesepakatan hukum.
Norma menjadikan hidup lebih bermakna, dan bukan bersifat egois atau menang sendiri.
Jika dalam sebuah wacana yang belum disepakati atau jauh dari norma itu bukan merupakan kesepakatan hukum. Tapi jika sebuah wacana tsb sudah disepakati bersama, hal tsb merupakan norma hukum yg harus dijunjung tinggi.

Arti pentingnya norma yaitu :
1. Membatasi manusia dalam sebuah aturan agar lebih baik lagi
2. Menjadi pedoman dan penuntun dalam bertingkah laku
3. Menciptakan kehidupan yang aman, tertib, serasi, selaras dan seimbang
4. Membentuk budi pekerti manusia yang baik

Manusia sebagai mahkluk sosial selalu menjunjung Norma Bermasyarakat

2 komentar:

  1. Yg tidak mematuhi norma ya brarti gak normal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Norma di buat ataupun timbul karena manusia ingin hidup lebih baik lagi. Jadi alangkah indah jika norma tsb akan selalu dipegang oleh masing-masing insan manusia

      Hapus