Minggu, 28 Agustus 2016

ORI_hand made ( DARI KAIN PERCA MENJADI POTENSI KREATIF BERNILAI EKONOMIS BAGI RUMAH TANGGA DAN MASYARAKAT SEKITAR)

Pada masa ini Pemerintah mengedepankan pemberdayaan ekonomi. Mulai dari ekonomi keluarga, ekonomi kreatif dan peningkatan pola pikir masyarakat yang dapat bermanfaat buat orang banyak.
       Dengan melihat kondisi masa yang sulit saat ini. Masyarakat diharapkan untuk mampu bersaing dan berdaya guna. Menumbuhkan kreatifitas, peningkatan ekonomi keluarga, bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Sehingga hal tsb mampu mengembangkan dan menjadikan lingkungan sekitar mampu tumbuh dan berkembang.
Inilah langkah-langkah aktif, Positif dan Progesif yang di lakukan oleh sekelompok Ibu-ibu PKK RT 07 RW IV Perumahan Kudus Permai Desa Garunglor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.  Di mulai dari Lingkungan yang paling kecil mulai Keluarga, Lingkungan RT dan berlanjut ke Desa sampai dengan tahap-tahap selanjutnya.

        ORI(original)_hand made adalah sebuah komunitas belajar non formal yang terletak di kawasan lingkungan perumahan di Kabupaten Kudus. Tepatnya berada di Perumahan Kudus Permai RW IV  Desa Garunglor Kecamatan Kaliwungu. ORI_hand made mengedepankan pembelajaran dengan aspek memanfaatkan kemampuan atau bakat yang dimiliki ibu rumah tangga, mengisi waktu luang tetapi berdaya dilingkungan dan memanfaatkan  limbah rumah tangga(kain perca). Apabila di manfaatkan akan menjadi nilai ekonomis yang tinggi.
Hal ini berawal dari aktivitas Ibu Lucia yang seorang penjahit. Sehingga beliau berfikir kenapa potongan kain ini tidak dimanfaatkan. Dengan pemikiran untuk memberdayakan lingkungan, bersama dengan Ibu Uftiani(Ketua PKK RT 07) dan Ibu Enik. Berusahan untuk mewujudkan mimpi itu. Diawali dari September 2015, sampai saat ini yang menjadi anggota dari ibu rumah tangga sekitar. Dari kain perca menjadi kain yang dipercaya. Menjadi barang yang bermanfaat. Dari mimpi akan menjadi bukti yang berarti.

VISI ORI_hand made:
mengubah limbah ( perca) mjd produk yg bernilai ekonomi

MISI ORI_hand made:
1. Membentuk kelas Prakarya
2. Membuat kerajinan dari lbah kain perca
3. Menentukan desain produk yang inovatif, original asli produk sendiri dan berdaya utk jangka panjang
4. Melakukan pengenalan hasil produksi pemasaran produk melalui Off line dan On line
5. Melakukan kegiatan promosi agar produk ORI_hand made makin dikenal oleh masyarakat luas

KEGIATAN RUTIN
Pembuatan berbagai design, model yang bermanfaat. Seperti hiasan, souvenir, perlengkapan yang menunjang rumah tangga. Dengan bahan dari kain perca yang didapatkan dari kain potongan jahitan sebagai limbah. Juga kain perca yang dikumpulkan dari rumah tangga sekitarnya. Untuk produksi ini dikerjakan setiap hari sabtu dan minggu di sore hari. Yang dikerjakan disalah satu rumah warga, tepatnya di rumah Ibu Lucia. Ketika di awal hanya membuat celemek, alas kaki/keset, saat ini sudah berbagai macam jenis yang dibuat. Dari belajar secara bertahap, ternyata ibu-ibu mempunyai daya kreasi dan imajinasi yang tinggi. Mau belajar dan selalu punya keinginan untuk maju.

Kreasi dari kain perca adalah gabungan dari seni tradisional bisa dilihat pada proses pembuatannya, dan juga seni modern bisa dilihat dari hasil karajinan yang dihasilkan. Hasil kreasi dari kain perca tidak hanya memiliki nilai jual tetapi juga memiliki keunikan tersendiri dari kerajinan tangan dari bahan lain.

Keunikan serta kecantikan produk yang dihasilkan dari kreasi kain perca bisa timbul dari paduan warna, motif serta modifikasi lainnya sesuai dengan kreativitas sang pengrajin.

Produk unggulan yang dibuat oleh ORI_hand made, antara lain :
1. Celemek
2. Keset
3. Sarung bantal
4. Boneka
5. Sarung tempat minum(aqua galin)
6. Tempat tisu dan masih banyak lagi.

Dengan anggota yang makin banyak. Untuk saat ini ORI_hand made juga mulai merambah di pameran yang diadakan oleh pihak pemerintah daerah. Hasil dari produksi tsb dijual di workshop, koperasi kantor dan online. Dengan demikian ORI_hand made mampu mengembangkan ekonomi keluarga dan ekonomi masyarakat sekitar. Setelah berjalan satu tahun keberadaan ORI_hand made sangat dirasakan oleh lingkungan sekitar. Sudah mulai dikenal luas, berkat pemerintah setempat yang selalu memberikan kesempatan dalam paneran UMKM.

Dengan cita-cita mewujudkan masyarakat yang berdaya ORI_hand made akan menggandeng RT-RT lain untuk bisa mewujudkan masyarakat ekonomi kreatif. Sentra-sentra tersebut dapat menjamin kelangsungan program Kampung Kreatif yang dilaksanakan secara mandiri, tidak tergantung lagi anggaran pemerintah. Dengan demikian masyarakat mampu mewujudkan Program Kampung Kreatif yang berpotensi memberdayakan warga sehingga dapat mencapai tahak kesejahteraan sosial ekonomi yang lebih baik.

ORI_hand made its Original handmade


Dokumentasi : ORI_hand made

Sumber berita : Ibu Lucia dan Ibu Enik

Workshop : Jl. Permai XIX Blok B No.16, RT 07 RW IV Perumahan Kudus Permai

4 komentar:

  1. Sippp memanfaatkan limbah jadi berkah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa merambah ke Rt lain, barangkali sebagai penyuplai bahan baku atau reseller dari online

      Hapus
  2. Terimakasih pak Tunjung yg sudah memperkenalkan ORI_hand made melalui medsos. Semoga ORI_handmade bisa menjadi inspirasi Ibu2 dari RT yg lain utk terus menggali potensi yg dimiliki. Kami percaya dalam setiap diri wanita ada bakat yg diberikan oleh Sang Pencipta.
    Mari ibu2, kita lakukan dan wujudkan secara nyata! Kita pasti BISA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ini bisa jadi inspirasi dan terus berkarya. Kami dan media ini bersedia untuk selalu memberikan support, pemberitaan dan bantuan lainnya. Dan barangkali Rt lain bahkan Rw lain bisa sebagai reseler atau iku memperkenalkannya ke yang lain. Sukses terus buat ORI_hand made

      Hapus