Selasa, 15 Desember 2015

ESTETIKA DAN PERENCANAAN KAWASAN PERUMAHAN



Memilih menempati hunian di kawasan perumahan makin diminati. Sebab pada perumahan segala keperluan lebih mudah didapatkan. Mulai dari pembangunan, perizinan, model up to date dan sarana serta fasilitas yang diperoleh dengan cepat dan mudah. Sementara jika membangun rumah pribadi tentunya akan lebih menguras tenaga dan waktu untuk mendapatkannya.

Banyaknya pilihan perumahan membuat konsumen haru benar-benar pintar memilih. Karena tak semua perumahan berkomitmen untuk kepuasan konsumen. Banyak pula yang hanya mengejar keuntungan semata dan meninggalkan pemilik rumah, meski masih ada tanggungan.
Banyak faktor yang menunjang kenyamanan sebuah hunian. Selain faktor diatas yang perlu diperhatikan adalah estetika lengkungan perumahan yang bersih, aman dan asri. Krena perumahan memiliki fungsi yang sangat besar. Manfaat yang paling utama adalah kenyamanan dan keamanan dan lokasi yang tertata dan kesannya tidak kumuh.

Perumahan Kudus Permai yang merupakan kawasan perumahan yang cukup tua dan cukup lama. Sehingga jika dibandingkan dengan kawasan perumahan baru memang sangat berbeda. Namun dalam hal ini para penghuni perumahan melalui Pengurus RW bersama warga tetap berkomitmen untuk kenyamanan itu. Hal-hal yang sudah mulai ada pembenahan adalah dari segi keamanan lingkungan. Rasa aman nantinya akan berimbas pada rasa nyaman. Pengurus RW terus berupaya mengedukasi para security agar selalu mengedepankan humanisme. Selalu menerapkan kesan yang sigap, murah senyum dan bertanggung jawab.

Selain itu saat ini mulai ada penataan lingkungan agar tetap terlihat bersih dan asri. Mulai dari penataan taman terbuka ruang hijau. Mulai merevitalisasi fungsi-fungsi pos ronda pada masing-masing RT. Dan memperbaiki drainase saluran selokan air. Agar aliran air tetap lancar dan tidak mampet. Juga penataan taman-taman rumah tangga masing-masing penghuni agar tetap menjaga jarak lebar jalan yang sesuai. Dan kendala yang saat ini adalah masih terdapatnya rumah kosong ataupun lahan kosong yang belum dirawat oleh pemiliknya. Saat ini langkah yang bisa dilakukan adalah menata kebersihannya dengan menghubungi pemilik, saudara dekat atau dibersihkan melalui kerja bhakti masal.

Dari kendala tsb yang sedikit demi sedikit mulai ditata, Perumahan Kudus Permai agar tetap menjadi kawasan lingkungan yang nyaman. Dan sebagai fasilitas pendukungnya juga memenuhi syarat. Dekat dengan lingkungan pendidikan( SMP 1 Kaliwungu dg jarak 2 km, SMP Bhakti Praja jarak 1 km, STM Muhammadiyah jarak 1km dan MTS Al Furqon yg berada di dekat perumahan persis). Selain itu berdekatan dengan fasilitas kesehatan yaitu RSI Sunan Kudus(Yakis). Berdekatan dengan Kantor Desa. Dan juga terdapat 4 praktek dokter. Untuk menuju supermarket jarak hanya 3km. Dan terdapat Mini Market yang berdekatan dengan lingkungan  perumahan ini.

Dengan bersama-sama memelihara kawasan perumahan ini, maka kita akan merasa memiliki yang terbaik. Dan tetap menjadi salah satu pilihan hunian, walaupun kawasan ini cukup tua. Namun masih banyak dari sepersekian penduduk di Kudus tetap ada keinginan untuk tinggal dikawasan ini. Jika kita jaga bersama, kita pelihara bersama maka rasa nyaman dan asrinya kawasan tetap terpelihara.
# Harapan ini kita bangun bersama #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar