Senin, 14 Desember 2015

ANTISIPASI MUSIM HUJAN

Dalam menghadapi musim hujan perlu kesigapan kita bersama. Dan kita berusaha untuk mengantisipasinya dalam segala hal. Karena dengan curah hujan yg tinggi akan berakibat banjir atau tesebarnya berbagai penyakit. Untuk menghindari banjir kita usahan agar tidak membuang sampah pada aliran sungai.
Pada saat musim hujan timbulnya penyakit banyak karena virus dan bakteri, antara lain flu, demam berdarah, malaris, diare, disentri dan muntah berak. Tindakan yg perlu dilakukan selain kebersihan lingkungan juga pencegahan medis.

Dalam lingkungan perumahan kita Perumahan Kudus Permai juga perlu meningkatkan pengawasan lingkungan sekitar. Saat musim hujan ini perlu pencegahan timbulnya bakteri dan virus. Ada beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan dalam lingkungan kita,antara lain :
1. Menyingkirkan genangan air
Sumber genangan air bukan hanya selokan. Tetapi juga berasal dari benda barang bekas atau benda yg tidak terpakai. Atau juga lingkungan sekitar rumah kita yg menyebabkan air menggenang hal itu akan menimbulkan jentik-jentik nyamuk. Sehingga akan menyebabkan timbulnya penyakit demam berdarah ataupun malaria.
2. Menjaga kebersihan
Kita harus rajin membersihkan lingkungan rumah kita. Seperti memotong sebagian batang pohon agar tidak patah saat terjadi hujan deras yg disertai angin kencang. Membersihkan daun-daun pd taman bunga kita agar tidak jadi sarang nyamuk ataupun kotoran hewan lain. Membersihkan bak mandi ksmar mandi kita masing-masing.
3. Memantau selokan
Kita juga harus rajin melihat selokan disekitar rumah kita. Apakah airnya dapat mengalir dengan baik. Jika selokan tsb tidak dapat mengalirkan air atau mampet harus segera di benahi. Jika lingkungan dari Perumahan Kudus Permai terdapt selokan yg kurang bersih atau mampet bisa berkoordinir dengan RT setempat. Karena jika air tidak dapat mengalir dengan baik, maka akan mengakibatkan banjir dan merusak jalan. Dan akan menimbulkan sarang penyakit.
4. Membuang sampah pada tempatnya
Untuk sampah ditempat kita tiap rumah tangga sudah memiliki penampung sementara di masing-masing. Dan tiap pagi diambil petugas sampah. Dan jika tidak mempunyai penampungan,kita bisa menempatka di kantong plastik sampah besar. Jika petugas sampah datang baru bisa kita titipkan. Dan jika masih ada waktu kita juga bisa memisahkan jenis sampah, dan pengelompokan sampah rumah tangga yg kering bisa dititipkan di bank sampah. Untuk pengelolaan bank sampah bisa berkoordinasi dengan RT 07.

Dengan antisipasi di musim hujan tsb kita sangat berharap lingkungan kita akan makin bersih, asri dan tentunya nyaman. Selain menjaga kebersihan lingkungan rumah,kita juga perlu menjaga kebugaran tubuh kita.
Hal yg bisa dilakukan antara lain :
1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
2. Cuci tangan sebelum makan
3. Olah raga secara teratur
4. Konsumsi multivitamin

Marilah kita tingkatkan kewaspadaan musim hujan demi lingkungan kita. Dan kita jaga kesehatan kita.

Sumber sebagian diambil dari : CIMB Niaga News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar