Senin, 04 April 2016

MENGEMBANGKAN DESA LEWAT TEKNOLOGI

Setiap Desa di Kabupaten Kudus Diminta Buat Website
Lomba Desa Pacu Pembangunan Kewilayahan

KUDUS, suaramerdeka.com - Setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Kudus diminta untuk membuat website terkait berbagai hal menyangkut perkembangan kewilayahan setempat.

Tidak hanya itu, petinggi atau kepala desa serta lurah juga memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram untuk menjalin komunikasi dengan warganya serta publik Kudus pada umumnya. Konsep tersebut selaras dengan program cyber city yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Bupati Kudus H Musthofa mengemukakan hal tersebut kepada Suara Merdeka, Senin (4/4). katanya saat ditemui di sela penilaian Lomba Desa di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, dia menyatakan publik berharap mengetahui apa saja yang telah dilakukan pemimpin di wilayahnya. ”Jangan lupa menyertakan nomor telepon kepala desa, agar warga dapat menghubungi bila membutuhkan pelayanan,” jelasnya.

Sejak tahun 2008-2009, pihaknya telah membuka keran keterbukaan publik dengan cara seperti itu. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari keterbukaan informasi publik.

Terkait pelaksanaan lomba desa yang digelar, dia berharap hal itu dapat merepresentasikan keberhasilan dan keunggulan dari masing-masing daerah. Dia meyakini, prestasi desa-desa di Kabupaten Kudus tidak hanya dapat bersaing di tingkat Jawa Tengah, tetapi juga nasional. ”Potensi yang dimiliki cukup beragam dan banyak,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Joko Dwi Putranto didampingi Sekdin, Arief Budi Siswanto menyatakan penilaian Lomba Desa melibatkan tim penilai khusus. Tiga hal yang dinilai dan dievaluasi, yakni pemerintahan desa dan kelurahan, kewilayahan desa dan kemasyarakatan.

Sumber : Suara Merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar