Jumat, 22 April 2016

MAKNA HARI BUMI BAGI LINGKUNGAN DAN WARGA

Hari bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) termasuk juga di negara kita, Indonesia. Lantas apa saja peran Indonesia dalam memperingati Hari Bumi yang berlangsung setiap tahun pada tanggal 22 April yang akan datang ini? Tepatnya di tahun 2016.

Berbagai daerah dan wilayah masing-masing negara memiliki sebuah kegiatan atau perilaku untuk memperingati hari bumi yang berbeda. Di kutip dari situs yang merangkum soal perkembangan dunia lingkungan, National Geograpic Indonesia terdapat beberapa poin yang di gunakan untuk kegiatan memperingati hari bumi.

Kegiatan apa yang bisa kita lakukan dilingkungan perumahan kita? Hal yang bisa kita lakukan antara lain :

1. Diet Kantong Plastik
Penelitian yang dimuat di jurnal ilmiah Science Februari lalu mencatat bahwa Indonesia berada pada peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar ke lautan dunia. Karena itu, dibuat petisi www.change.org/DietKantongPlastik untuk mendesak pemerintah membuat peraturan untuk mengurangi dan mencegah pemakaian plastik secara berlebihan. Hal ini bisa di jadikan sebagai salah satu kegiatan di hari bumi yang akan datang. Sebaiknya kita kurangi sampah yg berasal dari kantong plastik rumah tangga. Kita saat belanja bisa bawa kantong dari rumah, sehingga mengurangi timbunan sampah kantong plastik.

2. Beli Yang Baik
Pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat mempunyai pengaruh besar bagi bumi, khususnya terhadap iklim bumi yang terus memanas. Untuk itu komunitas Earth Hour Indonesia meluncurkan petisi #BeliYangBaik di laman www.change.org/BeliYangBaik mengkampanyekan pentingnya peran konsumen dalam menerapkan gaya hidup dan pola konsumsi ramah lingkungan. Membeli sbuah barang yg ramah lingkungan.

3. Tutup Bekas Lubang
Bekas lubang yang tidak ditutup dan dibiarkan menganga akan sangat mengganggu. Dapat menimbulkan benih penyakit dan jika lubang tsb di tutup dan ditanami tentu sangat bermanfaat.  Salah satu kegiatan dalam peran besar kita sebagai pecinta lingkungan untuk melesatarikan dan merawat lingkungan sebaik mungkin di hari bumi.

4. Kampanye Ajakan Peduli Lingkungan T
Pada hal ini, kita ketahui bahwasannya sebuah lingkungan perumahan juga ikut berperan penting di kelangsungan hidup dan terjaganya sebuah lingkungan yang lebih luas. Kita harus menjaga keasriannya, selokan rumah tangga dapat mengalir dengan baik. Memotong rumput atau dahan yang mengganggu.

5. Kampanye Menanam pohon
Beberapa wilayah, khususnya dataran tinggi yang telah terjadi pembalakan liar terhadap pohon-pohon yang tertanam di lingkungan tersebut tanpa menanam kembali dan melakukan ijin terlebih dahulu membuat gunung banyak terjadi tanah longsor dan banjir kiriman. Pohon yang berada di dataran tinggi memiliki fungsi sebagai wadah penyimpan air dan membuat akar-akar pondasi pada tanah dalam pencegahan tanah longsor.
Dalam penanaman pohon jika lingkungan kita sempit di lahan. Bisa kita siasati dengan penanaman di taman, akses pintu masuk perumahan. Penghijauan di fasilitas umum, pemeliharaan tong sampah.

6. Bebas dari Pembakaran Sampah
Pembakaran sampah biasanya dari daun atau kertas. Jika sampah daridaun bisa dijadikan kompos daripada di bakar. Sehingga kompis tsb dapat dimanfaatkan utk pupuk tanaman. Jika sampah kertas bisa kita daur ulang lagi, agar bs dimanfaatkan kembali.

7. Pencabutan Paku pada Pohon
Kegiatan yang bisa kita lakukan dilingkungan kita adalah pencabutan paku pohon atau pembersihan pamflet ditiang listrik atau telpon. Pohon yang di pasang pamflet dengan paku akan membuat pandangan tidak enak di pandang, selain itu juga akan memperpendek umur pohon itu sendiri. Hal yang membahayakan lainnya adalah serat pohon yang terkena paku akan mati untuk berkembang, apabila terjadi hujan di sertai angin kencang akan menumbangkan pohon tersebut. Hal inilah perlu kita khawatirkan, jika tidak akan menelan korban. Sedangkan kertas pamflet juga sangat mengganggu keindahan serta keasrian perumahan

8. Pembersihan Ruang Terbuka Hijau dan penempatan Tong Sampah
Dalam hal ini kebersihan difasilitas umum lingkungan peumahan.

Mari kita bertindak, lakukan, beri contoh dan aksi nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar