Selasa, 21 Maret 2017

MENGAPA KITA JADI RELAWAN

Untuk menjadi  orang yang produktif, ternyata kita tidak cukup hanya menjadi kutu buku, pejabat dikantor, yang berusaha mengejar prestasi pribadi. Selain itu, kita juga perlu membentuk kepribadian dengan belajar bersosialisasi dengan orang lain. Salah satu caranya kita menjadi relawan. Namanya juga relawan. Artinya adalah orang yang bekerja dengan suka rela tanpa mengharapkan imbalan apalagi gaji.

Namun, ada banyak nilai positif yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini, karena bahagia bukan hanya tentang uang.  Alasan apa yang bisa kita yakin buat terjun menjadi relawan.

1.Menjadi Relawan Punya Kesempatan Untuk Mengenal Orang-Orang Baru

Relawan tidak mensyaratkan hal-hal yang spesifik, syarat mutlaknya adalah kita mau berkontribusi dan belajar. Kita akan menemukan teman-teman yang luar biada disana. Kita bisa memperluas pergaulan dengan berkenalan dengan orang-orang dari background yang berbeda. Kita akan menemukan orang orang yang jago berkreasi, kita juga akan menemukan sesuatu yg baru untuk saling belajar.

2. Menjadi Relawan, Bisa Melihat Prespektif Baru Yang Sebelumnya Tidak Pernah Tahu

Kita bisa mendapatkan prespektif baru yang sebelumnya belum pernah kita lihat, karena akhirnya kita merasakan bagaimana terjun langsung pada apa yang selama ini hanya kita lihat di layar televisi. Ketika kita menjadi volunteer kita akan tahu bagaimana para public figure tertentu berprestasi. Ketika kita menjadi relawan, kita akan tahu bagaimana susahnya hal-hal yang harus ditempuh untuk sebuah keberhasilan.

Menjadi relawan akan menjadikan kita pribadi yang lebih paham situasi lapangan, dan tidak mudah mengutuk keadaan.

3. Punya Kesempatan Lebih Mengenal Diri Sendiri Dan Lingkungan

Relawan itu adalah kerelaan, kita tidak dipaksa untuk ini dan itu. Kita bisa mengenal diri sendiri, seperti apa sikap kita jika dihadapkan pada masalah-masalah yang ada di depan mata. Selain itu, dengan terjun sendiri kita juga jadi lebih tahu seperti apa lingkungan sekitar kita. Kita akan menjadi lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugas untuk saling peduli dengan lingkungan sekitar. Kita bisa mengenal diri sendiri juga bisa mengembangkan kemampuan. 

4. Menjadi Relawan Baik Untuk Kesehatan Mental. Karena Bisa Mengurangi Stres Dan Membuat Lebih Bahagia.

Dalam dunia kesehatan, penelitian menyebutkan orang orang tua yang tetap meluangkan waktunya menjadi relawan akan mempunyai fungsi fisiologis tubuh yang menjadi lebih baik, awet mudah, dan lebih sehat. Namun sebagian besar mereka sudah menjadi relawan sejak masih muda. Jadi kesehatan yang mereka dapatkan diakibatkan dari rasa bahagia dan ketulusan yang dihasilkan dari perasaan positif saat membantu oranglain. Karena faktanya, berfikir positif akan mempengaruhi hormon dan membuat hidupmu menjadi lebih berkualitas. Investasi yang cukup menggiurkan kan, kamu bisa mendapatkan kesehatan batin, baik dia masa muda atau di masa tua.

5. Menjadi Relawan Juga Menjadi Nilai Plus Untuk Prospek Kerja

Orang-orang yang menjadi relawan akan mendapatkan peluang berkarir lebih besar. Selain mendapatkan networking yang luas,kita juga mendapatkan nilai plus bagi para perekrut pekerjaan. Karena dengan menjadi relawan kita dinilai cukup berkontributif dan tulus dalam bekerja. Selain itu, menjadi relawan juga akan menambah pengalaman dalam banyak hal, kita berkesempatan untuk menggali informasi sebanyak banyaknya tentang minat.

6. Dengan Menggali Minat dan Bakat Lebih Dalam? Kita Bisa Berkreasi Sepuasnya 

Terkadang kita merasa bosan dengan kegiatan yang monoton dan membutuhkan keseimbangan dengan aktifitas yang bisa membuat merasa relaks dan berdaya. Menjadi relawan adalah cara yang tepat untuk mengembangkan bakat dan mempelajarinya. Tidak jarang kita bakal menemukan hobbi baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Kamu suka bermain musik? Tidak jarang jika anak-anak menyukai car tertentu, mereka bakal minta kamu mengajari hal lain. Disini kita bakal mememukan hobbi baru karena dengan kesan yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. 

7. Dengan Menjadi Relawan, KitaJadi Tahu Bahwa Uang Bukanlah Segala-Galanya.

Tidak jarang, menjadi relawan bisa membuat pikiran menjadi terbuka, belajar memahami perbedaan, belajar untuk tulus menolong, berempati, dan tentu saja ini akan membentuk kepribadian kita lebih baik. Bahwa terkadang bahagia itu bukan hanya soal uang, tapi bagaimana rasanya bahagia membantu orang lain, melindungi binatang dari kepunahan, menolong orang lain yang kesusahan. Ingin tahu rasanya menolong korban bencana Pengen tahu rasanya menjadi bagian event. Pengen tahu rasanya membuat tersenyum orang-orang yang sedang berduka karena bencana. Kamu bisa mencoba menjadi relawan dalam banyak hal.

Menjadi relawan memang butuh komitmen dalam diri sendiri untuk mengabdi dan berkontribusi dengan merelakan waktu, tenaga, pikiran, dan jasa kita tanpa dibayar apa apa. Semua itu bukan karena kita tidak berharga, tapi karena kita terlalu berharga untuk dibayar dengan sejumlah uang.

Masih belum yakin untumenjadi relawan? Mulai sekarang kamu bisa mulai searching internet, kita bakal menemukan banyak sekali lowongan buat jadi relawan. Untuk mengulurkan tangan dan memberi kebaikan.

WE ARE CREATOR of SOLLUTIN, NOT A POLLUTION

Karena kita terlalu berharga untuk dibayar dengan uang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar