Jumat, 13 Mei 2016

RW IV PERUMAHAN KUDUS PERMAI BEKERJA SOSIAL DAN MEMBERI SOLUSI

Perumahan Kudus Permai dalam struktur pemerintahan adalah RW IV Desa Garunglor, Kec. Kaliwungu, Kab. Kudus. Karena RW adalah organisasi maka RW IV juga terdapat kepengurusan RW yg dikukuhkan oleh Kepala Desa. Dalam kepengurusan yang terdahulu boleh dikatakan mati suri. Kepengurusan secara struktur ada namun sangat sedikit program yang tidak jalan,apabila tidak boleh dikatan tidak ada program. Banyak sekali hal-hal yang terabaikan demi kemandirian RW IV Perumahan Kudus Permai. Program yang sudah baik justru menjadi hilang dan kurangnya transparansi terhadap program yang ada. Dalam periode kepengurusan 2015-2021 dibawah kepemimpinan Bapak H. Haryono, tidak ingin berpangku tangan dan diam. Bersama pengurus baru secara program ingin berbenah untuk menjadi lebih baik lagi. Dan tidak ingin berkutat pada kevakuman masa lalu.
Program yang dijalankan secara simultan berusaha bersama-sama RT, berusaha untuk memberikan solusi yang mampu mengedepankan sebuah perubahan.
Dalam setiap program dan perubahan sudah barang tentu akan terjadi pro dan kontra. Namun hal tsb dibicarakn secara musyawarah bersama RT, BPD Desa, Perwakilan Perangkat Desa,Karang Taruna, Ta'mir Masjid Al Islah. Sehingga tidak ada yang namanya kesan otoriter atau memaksakan. Karena setiap hal yang terjadi selalu dibicarakan bersama RT yang merupakan perwakilan warga dan juga tokoh masyarakat.
Memasuki 9 bulan masa kepengurusan, sudah mengadakan pertemuan bersama RT,BPD Desa,Perwakilan Perangkat Desa, Karang Taruna yang ke-4. Namun sayang sekali tidak ada perwakilan dari Ta'mir Masjid Al Islah.

Dalam pertemuan ke-4 tsb juga mengundang tokoh masyarakat untuk mendengarkan atau solusi apa yang bisa ditempuh untuk kemajuan RW IV Perumahan Kudus Permai. Dengan pertemuan rutin setiap 3(tiga) bulan tsb akan mampu memberikan gambaran kemajuan yang telah dicapai.
Dalam kepengurusan ini telah dilaksanakan program yang mampu memberi sedikit gambaran perbedaan pengurus sebelumnya. Tapi buka konteks perbedaan yang ditonjolkan, namun pencapaian sebagai kerja sosial tapi tetap punya rasa tanggung jawab. Dan setiap pemasukan maupun pengeluaran uang secara rutin dilaporkan, sebagai wujud transparansi program.
Hal-hal yang telah mampu dicapai antara lain ;
1. Mewujudkan kembali Karang Taruna yang telah vakum, walaupun belum sesuai keinginan. Dan program karang taruna masih berkutat pada hoby anak-anak muda. Namun akan tetap support agar mereka mampu berdikari, mandiri dan mewujudkan embrio karang taruna desa.
2. Mengenai lingkungan hidup, saat ini Perumahan Kudus Permai telah mempunyai taman sebagai sarana pengembangan ruang terbuka hijau.
3. Normalisasi sungai yang menjadi batas dengan Dukuh Tersono. Agar tidak terjadi mampet ataupun bau , maka sungai tsb dibersihkan agar tidak terjadi pendangkalan yang terlalu lama. Dan selain itu secara rutin mengadakan kebersihan bersama 1 bulan sekali.
4. Dalam keamanan lingkungan, saat ini perumahan dilakukan penutupan gang setiap hari dengan jalan untuk meminimalkan kesalahan pengamanan. Hal tsb diatas yang ditonjolkan, karena selama ini merupakan problem yang selalu timbul. Dan juga penggantian serta pemeliharaan portal pintu masuk.
5. Dari segi kesehatan telah dilakukan fogging dan kebersihan selokan, agar tiak terjangkit malaria atau demam berdarah.

Selain keberhasilan diatas sebagian program tsb melalui Anggaran Dana Desa, juga telah diajukan. Dengan mengajukan program ke desa, Perumahan Kudus Permai mendapatkan program yang bisa dimanfaatkan.
Program yang mendapatkan Anggaran Dana Desa, antara lain :
1. Pavingisasi di jalan RT 4 dan RT 3.
2. Pengaspalan di jalan di RT 1 dan RT 3
3. Pemasangan kaca di perempatan jalan-jalan
4. Pembaharuan nama jalan dan gang di Perumahan Kudus Permai.
5. Pembangunan gapura identitas dari gang1-gang4

Dari beberapa program baik yang jalan atau yang akan datang selalu dikonsultasikan dengan pengurus dan elemen masyarakat. Pengurusan yang baru ini berusaha untuk mengedepankan perumahan agar kelihatan lebih baik lagi.
Dari hasil musyawarah ke-4 tsb seperti diatas, akan menambah kenyamanan dikawasan peumahan. Sehingga diharapkan setiap RT mampu memberikan informasi yang detil pada warganya. Dengan hal ini semua pengurus RW mengedepankan solusi,musyawarah dan transparansi. Karena hal itu akan mampu menuju lebih baik. Dan mewujudkan Perumahan Kudus Permai BISA BAIK (Bersih Indah Sehat Aman Berkesinambungan Aktif Innovatif Kreatif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar